Rabu, 07 Januari 2009

PeNgerTiaN cUstOMer sErVice


Customer service (juga dikenal sebagai Client Service) adalah penyediaan layanan kepada pelanggan sebelum, selama dan setelah pembelian. Menurut serban dkk. (2002), "Pelanggan layanan merupakan rangkaian kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan - yakni, merasa bahwa produk atau layanan yang telah memenuhi harapan pelanggan." Sebagai contoh, seorang ahli pelanggan mungkin kurang memerlukan pra-pembelian layanan (misalnya, saran) dari bibit. Dalam banyak kasus, layanan pelanggan yang lebih penting jika berhubungan dengan pembelian sebuah "layanan" yang bertentangan dengan "produk". Layanan pelanggan mungkin diberikan oleh orang (misalnya, penjualan dan layanan wakil), atau dengan cara otomatis disebut swalayan. . Contoh layanan sendiri adalah situs-situs Internet. Customer service biasanya merupakan bagian integral dari suatu perusahaan dari nilai proposisi pelanggan.
Ada beberapa argumentasi bahwa kualitas dan tingkat layanan pelanggan telah berkurang dalam beberapa tahun terakhir, dan ini dapat dikaitkan dengan kurangnya dukungan atau pengertian di eksekutif menengah dan manajemen tingkat korporasi dan / atau layanan pelanggan kebijakan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar